Sunday, April 19, 2009

SMUN 70 XI Sosial mempersembahkan.

Tour ke Sindang Barang dalam rangka mengamati unsur-unsur kebudayaan masyarakat pedesaan selama 2 hari 1 malam.

Ngumpul di sekolah jan 9. Namanya juga anak muda, ngaret..

Ketika hendak berangkat, gue menyadari sesuatu. Sepatu gue hilang. Gak tau dimana sepatu gue dan gue juga kurang peduli karena masih ada sepatu yang lain.

Beberapa menit kemudian gue menyadari satu hal lagi. Sendal gue ilang. Kalo yang ini gak main-main, gue gak mungkin ke perkampungan make sepatu, pasti kaki gerah man. Spontan gue SMS Kae,

Tantya: Ke sendal awak ilang, awak ga sempet beli sendal, gimana nih

Kae: Hihi aku juga lupa bawa nana alem jadi aku ke kemang dulu beli nana alem

Ternyata ada yang lebih stres, lupa bawa celana dalem.

Sesampainya disekolah, kita semua udah siap-siap mau berangkat dipandu oleh guru-guru seperti Ibu Dona, Ibu Reno, Pak Unro, dan Pak Kosep.

Bu Dona: Ayo semua masuk bis masing-masing

Gue liat ada tiga bis disini. Gue jalan ke bis 1, melihat name list murid yang ada di bis 1. Nama gue gak ada. Santai.

Gue jalan ke bis 3, gue liat lagi name list murid yang ada di bis 3. Nama gue gak ada. Tenang, berarti gue di bis 2.

Gue jalan ke bis 2, gue liat name list muridnya lagi. Nama gue gak ada. Panik.

Tantya: Bu, nama saya gak ada dimana-mana

Bu Dona: Ah jangan bohong (sambil melihat kertas yang sepertinya bertuliskan nama murid dan bisnya)

Setelah sibuk melihat kertas tersebut.

Bu Dona: Ya udah, kamu pilih mau bis yang mana

Bener kan, nama gue gak ditulis dimana-mana. Pengen nangis.

Singkat cerita, kita udah nyampe Sindang Barang setelah 2 jam duduk di bis dan beberapa kali nyasar. Sekarang gue akan menceritakan semuanya berdasarkan susunan acara.

Seperti inilah kira-kira.


Pengenalan Desa
Dateng, makan siang, planga-plongo beberapa menit, terus ngumpul di sesuatu yang disebut pendopo. Ada seorang lelaki berbicara kepada kami menggunakan microphone. Dia menceritakan tentang Sindang Barang dan kebudayaannya. Sayangnya gue malah bengong jadi kurang dengerin dia ngomong apa.

Kolam Lumpur
Ini gak kalah enak sama kue lumpur. Kita nangkep ikan di kolam berlumpur setelah dengerin bapak-bapak tadi ngoceh. Mula-mula kita bingung, mana ikannya? Hampir gue habek tuh orang-orang situ. Dikira gua bayar murah apa ikut acara kaya ginian. Ditipu kali kita. Mana ikannya!?


Tapi kemudian muncul cahaya dari kegelapan. Ikannya muncul. Kemudian masing-masing berlomba menangkap ikan. Kita mencari ikan lebih buas daripada tuyul mencari uang. Dan akhirnya,


Kalo suasana udah kaya gini, kira-kira berujung seperti apa? Nah, betul sekali. Menjadi bringasan.


Melihat suasana menjadi seperti ini, gue segera meninggalkan kolam.

Tiba-tiba terlihat Cuki udah ngintilin gue daritadi.

Cuki: Ayo Tyabi..

Tantya: Apaan sih

Cuki: Ayooo

Disusul oleh kedatangan Ivan,

Ivan: Ayoo jangan sampe om jadi garong

Disusul lagi kedatangan Pesut,

Pesut: Ayo sini

Gue dikepung tiga orang.

Cuki narik tangan kanan, Pesut narik tangan kiri, tiba-tiba tubuh gue udah berada satu jengkal diatas kolam, dan.. Sudahlah.


Gue menjadi perempuan pertama yang diperlakukan kurang baik.

Sungai
Setelah berlumuran lumpur dan gue pun terlihat seperti anak kerbau jalan-jalan. Kita memutuskan untuk mandi disungai. Bayangan gue, airnya jernih, ada air terjunnya, cool. Ternyata, kali biasa, butek-butek juga. Tapi seger lah. Berharap ada pangeran desa situ nyolong sendal gue terus gue dikawinin. Tapi sendal gue aman-aman aja tuh, gak ada yang ngambil. Murah kali ya..

Pertunjukan Kesenian
Gue capek banget. Jadi maap-maap aja gue gak nonton, malah selonjoran di kamar.

Bakar-bakaran
Bakar rumah penduduk, bakar hutan, bakar ladang. Gak gak. Bakar ikan yang kita tangkep tadi di kolam lumpur. Tapi gue melewatkan momen ini. Kaki gue bener-bener on fire selonjoran.

Las Vegas
Dimalam hari, digelar perjudian dengan permainan kartu secara meriah. Tentu saja ini ilegal. Tapi lagi-lagi gue melewati momen penting ini. Begini ceritanya, saat selonjoran tadi, selonjoran gue bukan lagi selonjoran. Dari selonjoran, gue tengkurep. Sedia payung sebelum hujan, gue bilang ke yang lain,

"Nanti kalo gue ketiduran bangunin yah?"

Tiba-tiba gue bangun dari tidur. Gue lihat sekeliling gue udah pada tidur. Dan terdengar adzan subuh.

Mampus.

Gue tidur emang senyenyak orang meninggal dan sangat urakan.

Situs Purbakala
Ini dia puncak dari segalanya. Ngomongnya mau keliling desa liat peninggalan bersejarah. Bayangan gue meninggalan bersejarah itu wow. Ternyata cuma batu. Just batu. Batu, batu dan batu. Gue jauh-jauh masuh hutan, keluar hutan, setengah mati lewatin sawah seluas lebak bulus (disini gue sangat berterima kasih untuk Pesut karena mau megangin perempuan setengah pria yang lenjeh takut jatoh ke sawah, tentu saja perempuan itu gue), masuk hutan lagi, keluar hutan lagi, setengah mati lewat sawah seluas MH Thamrin (lagi), dengan panas matahari yang menyengat, ujung-ujungnya cuma liat batu. Batu untuk bersemedi para raja. Tapi tetep aja itu cuma batu. Batu. B-a-t-u. Batu. Shit ass.


Ada dua hal yang terjadi diluar susunan acara.

Hilangnya Baju
Baju GKaramel gue hilang. Gak tau siapa yang harus gue salahin. Tapi semua anak 70 angkatan gue pasti ngerti gimana rasanya kehilangan baju GKaramel. Buat anak 70 yang punya baju GKaramel lebih, dimohon belas kasihannya. Terima kasih.

Kamera Mati
Kenapa disaat seperti ini kamera gue musti ngambek. Dia lowbat. Mati. Gak mau nyala-nyala lagi. Kenapa? Salah gue sih sebenernya.

Kirain Hantu
Gue lagi nunggu antrian kamar mandi. Sekitar jam 9. Gue bawa senter. Iseng, gue arahin senter itu ke rumah tinggal. Terlihat bayangan hitam. Anjing! Apaan tuh! Gue maju sedikit. Bayangannya ilang. Gue bener-bener pengen nangis, gue shock dan jantung berdetak lebih kencang seperti mau perang. Gue mundur lagi. Loh? Kok bayangannya ada lagi? Gue maju lagi. Loh kok ilang lagi? Gue mundur lagi. Eh ada lagi. Gue maju lagi. Eh ilang lagi. Gue maju mundur. Bayangannya ada ilang. Oalah.. Itu bayangan gua..

Pas mau pulang, berat nih. Pengen nangis ninggalin Sindang Barang.

Sebenernya yang bikin kangen itu suasana solidnya sama ketawa-ketawanya.

Kegiatan ini bener-bener membuka mata gue dan membuat gue bangga menjadi anak sosial.

Yang ga enak cuma satu, kurang lama. Pengen lamaan dikit lagi.

Semoga kita bisa balik lagi kesini ya teman-teman.

Sindang Barang Gorgeous!

Kelas Sosial Rocks!

0 Comments:

Post a Comment