Saturday, March 21, 2009

Bandung. Menjadi tempat berlabuh gue, Sammy, Anya, Ecky dan Ai semalam.

Seru banget bos! Bandung emang favorite place banget. Damai. Dalam hitungan tahun, Bandung akan menjadi kota dimana gue tinggal. Amin.

Seperti biasa, layaknya anak muda lainnya kalo janjian. Ngaret. Ngomongnya sih mau berangkat jam 8. Kenyataannya kita berangkat jam 12. Namanya juga anak muda..

Dan seperti biasa, gue menjadi sasaran dikatain nomer dua setelah Aswin oleh Ecky. Berhubung Aswin ga ada, gue menjadi urutan nomer satu dikatain. Percaya atau engga, semakin sering dikatain gue semakin senang.

Di mobil.

Ecky: Duh, gue musti buang sial nih! Soalnya ada satu sial.. (melirik tajam kearah gue)

Gue: Jadi maksut lo gue Ky sialnya?

Ecky: Gue gak bilang elo.. Gue cuma bilang, gue bawa satu sial dan gue musti buang sial..

Gue: Iya, gue kan!?

Ecky: Ya.. Kalo yang merasa sial tolong ngaku aja..

Gue: (terdiam, ngeliat muka Ecky)

Ecky: Eh, kok lo diem aja ga ngaku?

Itu satu. Lainnya,

Ecky: Eh, Tya! (sambil menunjuk ke arah mobil Cipaganti yang ada gambar nelayan)

Kita berhenti di kilometer 19. Katanya Ecky mau membuang zat sisa metabolisme (berak). Gue juga mau ke Anjungan Tunai Mandiri. Kebahagiaan gue belom berakhir. (disebut kebahagiaan karena, semakin sering gue dikatain gue semakin senang) Ketika gue masuk kedalam kandangnya mesin ATM, gue masih aja diejek oleh Ecky yang suaranya kedengeran sampe dalem kandang mesin ATM.

Ecky: Lu tau ga? Itu Tya didalem situ lagi nete-in kucing!

Setelah selesai nyampah di kilometer 19. Kita melanjutkan perjalanan.

Diperjalanan, tiba-tiba ada sebuah truk rese nlakson-nlakson kendaraan kita.

Ecky: Ty, bilangin dong tuh! Sesama sopir truk!

Gue: Iya itu mantan gue Ky!

Ecky: Oh iya ya mantan lo sopir truk

Anya: Lo ga liat Ky, Tya suka dilukis di truk-truk?

Ecky: Oh iya.. Yang ada tulisannya 'setubuhi aku' kan?

Gue ngakak sambil ngangkang.

Lainnya,

diperjalanan kita memutar lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman. Kita bernyanyi lantang. Inilah nasionalisme. Emangnya elo, lagunya jedag-jedug mulu! Ecky dan Anya terobsesi jadi penyanyi. Mereka lagi ngomongin tentang bagaimana bernafas dengan diafragma.

Ecky: Iya Nya, gimana sih masa iya bisa nafas dari perut?

Anya: Iya, biar nafas lo panjang

Gue: Iya Ky! Waktu itu kan pas disekolah gue mau ikut paduan suara, terus

Ecky: Hush! (memotong pembicaraan gue)

Gue loncat keluar dari mobil.

Ecky: Ikut paduan suara 70 aja belagu, apalagi jadi caleg loe!

Gue menahan tangis.

Gue dipecundangi tanpa henti Jakarta - Bandung.

Sampai di Bandung. Frekuensi dikatain agak berkurang. First destination adalah Universitas Padjajaran. Anya mau beli formulir. Anya dan Sammy turun, gue, Ecky dan Ai tetap dimobil.

Kebodohan pertama, formulir bisa diperoleh dengan download. Kebodohan kedua, Anya dan Sammy berjalan menuju tempat yang bertuliskan 'INCUBATOR'.

Sementara di mobil, gue dan Ecky mengomentari mahasiswa mahasiswi disana.

Ecky: Ih liat deh, tuh nanti tuh temen-temennya Anya!

Gue: Jangan gitu dong! Nanti gue daftar sini juga!

Tiba-tiba terlihat mahasiswa freak, mengangkat kaos-nya sehingga perutnya, udelnya, pusernya terlihat, kemudian dia berlari kesana kemari sampai celananya melorot, lalu dia benerin celananya yang melorot itu.

Ecky: Anjing! Benerin celana lagi! Muka lo dulu benerin!

Kemudian terlihat kembali, segerombolan mahasiswa berlarian. Kemudian, satu diantara mereka memasukan tangannya kedalam yang dinamakan got. Dia menciduk air got dengan gelas Aqua dan dengan penuh semangat menyiramkan air got tersebut kearah teman-temannya.

Gue: Ky liat Ky!

Ecky: Oalah mainannya encuk! (dibaca: encu')

Gue: Encuk apaan!?

Ecky: Larva

(yang dimaskut disini larva adalah jentik nyamuk)

Anya dan Sammy akhirnya kembali. Sangat disayangkan, bagian administrasi hari Sabtu dan Minggu tutup.

Gue: Gue kan udah bilang, Sam! Tutup hari libur! Waktu kita ke UI juga gitu kan!?

Ecky: Hush!

Pendapat gue tidak pernah didengar.

Tiba-tiba,

Ecky: Nya.. Nanti kalo lo kuliah disini, yang tua-tua kaya gini jangan ditemenin ya.. (menunjuk ke arah om-om disekitar Universitas Padjajaran)

Setelah dari situ, kita menuju ke Rumah Mode. Baru aja sampe,

Ecky: Ty, sini! (Ecky sedang berada dipinggir sebuah kolam)

Gue gede rasa. Asik dah nih damai sama Ecky.

Gue: Napa Ky? (nyamperin Ecky ke pinggir kolam)

Ecky: Mau gue jorogin..

Gue cepet-cepet menghilang layaknya om jin.

Di Rumah Mode gue sedikit berdamai. Gue dibeliin es campur sama Ecky. (setelah gue dicubit layaknya ibu tiri menyubit anak tirinya)

Dari situ kita makan bebek di Pati Ukur. Baru selesai makan bebek, kita makan pisang bakar di sebuah warung tenda. Semua aja dimakan. Orgil!

Pas makan pisang bakar, ada pengamen. Terus kenapa? Gak gak.. Lo musti denger tuh suara pengamen! Cool abis! Kalah deh tuh penyanyi kacangan! Hitam, gimbal, rastaman gitu deh. Lagu yang dibawain pengamen itu lagu yang daritadi kita dengerin dimobil selama perjalanan. (selain Indonesia Raya) Gue, Sammy, Anya ikut nyanyi-nyanyi. Si Pengamen sempet break dulu setelah membawakan 2 lagu. Dengan sangat kampungan gue menepukan tangan dan berkoar,

"We want more! We want more!"

Si Pengamen nyelonong pergi gitu aja. Gue gak ngerti antara dia gak tau arti 'we want more' atau dia jijik ngeliat tingkah gue.

Seneng gue ngeliat pengamen itu. Pengen gue bawa pulang. Tapi jangan deh! Kalo di Jakarta, orang-orang kaya gitu gak bakal dihargain. Jakarta itu keras. Ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. Biar gue aja nanti yang nyusul ke Bandung. Amin.

Pengamen itu negor gue loh pas mau pulang! Tapi tegorannya ga enak,

Pengamen: Makasih ya..

Gue: Iya..

Pengamen: Tuh rokoknya ketinggalan!

Gue: Oh iya..

Pengamen: Kok rokoknya filter sih?

Dalam hati gue: Bacot!

Perut kita hampir meledak. Lu pikir aja! Abis makan bebek, nasi, tempe terus disusul pisang bakar susu keju yang notebene kejunya itu bisa gue kumpulin terus gue bawa pulang buat bikin cheese sauce dan susunya bisa gue kumpulin buat minum susu besok pagi.

Subahanallah, keju dan susunya itu banyak banget. Beda sama pisang bakar dan roti bakar Jakarta. Kalo di Jakarta, mesen pisang bakar susu keju, kita sendiri bingung, ini pisang buat kita apa bekas kucing? Pisangnya seiprit, susunya setetes, kejunya terlihat seperti seserpih debu. Sama-sama warung tenda tapi keliatan banget bedanya sama di Bandung. Gue gak nyangka porsinya akan bombastis, karena harganya murah banget. Di warung ini pisang bakar seharga 4 ribu bisa lu sisain buat makan se-RT. Yang namanya kopi susu diwarung tenda Jakarta, dikasihnya segelas kecil kan? Di warung tenda di Bandung ini dikasih segelas beer. Gue gak berlebihan. Gue mesen kopi susu diwarung tenda ini dan mesen beer di suatu Cafe (gue lupa namanya apa) di Paris Van Java, ukuran gelasnya sama. Inilah Bandung.

Setelah perut kita semua udah meledak. Kita melarikan diri ke Paris Van Java. Makan lagi? Gue tampol lu!

Disinilah semua itu dimulai. Gue yang tadinya diperlakukan seperti binatang jalang oleh Ecky, sekarang kami bersatu untuk Mencemooh Orang!

Dimulai dari mencemooh orang Cina. Gue tau ini sangat rasisme. Tapi please jujur sama gue, orang Cina itu enak ngga buat diolok-olok?

Gue dan Ecky memburu Cina untuk diolok-olok.

Ecky: Ih gila deh Ty, lu liat tuh cina-nya.. Kok mereka begitu sih?

Gue: Ky, arah jam tiga!

Ecky: Anjing ada dragon ball!

(disebut dragon ball karena orang Cina tersebut mengecat rambutnya dengan warna menyerupai oranye)

Ecky: Ty, arah jam tiga lewat dua belas!

Gue: Anjing lu!

Sampai akhirnya kita tiba di toko buku Gramedia.

Sammy dan Ecky baca komik, Anya dan Ai entah dimana, gue striptease. Enggak lah. Gue megang-megang buku Barney dengan muka melas, agak terlihat seperti anak idiot yang sedang memikirkan 'Barney, aku mau kamu..".

Tiba-tiba Ecky nyamperin gue dengan muka antagonis.

Ecky: Ih gue sebel deh tuh sama tuh Cina! (melikirk ke arah dua orang Cina)

Gue: Kenapa?

Ecky: Iya, gue lagi baca buku dia mondar-mandir, ganggu!

Gue: (tertawa)

Ecky: Ih, gila ya.. Itu cina kalo bisa gue dandanin, gue dandanin deh!

Gue: (tertawa)

Tiba-tiba Ecky berjalan menuju ke sebuah buku.

Ecky: Ty, sini!

Gue: Apa? (nyamperin Ecky)

Ecky: Gua gebok juga tuh Cina pake buku ini!

Gue: (ngakak dan mati ditempat)

Buku yang ditunjuk Ecky adalah buku berukuran besar dan tebal, yang berjudul "Masyarakat Tionghoa".

Ecky: Kesel deh gue..

Tiba-tiba ada segerombolan Cina lewat, mereka bercakap-cakap dengan bahsa mereka.

Sammy: Cing pao cing pao

Ecky: Bahasanya Cina tuh kaya bahasa betawi tau ga lo.. Yang begini nih, kagaaak, ngapa dah? Lah iya gua kan kesono.. (dengan logat betawi penuh nafsu)

Gue dan Sammy: (ngakak)

Udah puas ngacak-ngacak Gramedia. Kita memutuskan untuk duduk di suatu Cafe.

Di eskalator, kembali lagi kita mengolok-olok Cina.

Pandangan kita bertiga tertuju pada satu orang Cina yang juga berada di eskalator.

Sammy: Beh..

Gue: Wow..

Ecky: Sungokong..

Gak perlu dijelasin, lo pasti udah bisa ngebayangin.

Akhirnya kita ngafe. Selang beberapa menit, gue, Ecky dan Sammy turun ke supermarket untuk membeli rokok yang habis.

Ecky: (nyolek pantat gue)

Gue: (ngeliatin Ecky yang kurang ngajar)

Ecky: Kenapa Ty?

Beberapa detik kemudian. Ecky membuat tangan gue dan pantatnya bersentuhan.

Ecky: Apa loe nyolek-nyolek pantat gue?

Dari sinilah, bercandaan jorok kita dimulai.

Gue: Bukan gitu kali Ky..

Ecky: Gimana?

Gue: Harusnya gini, ngapain lo ngobel-ngobel gue? Terus pas diliat kearah tangan si Pengobel, tangannya udah ada slam-nya..

Ecky: Hahaha! Slam? Apaan?

Gue: Lendir dubur

Ecky: (tertawa sinis)

Sampai akhirnya, bercanda kita kembali ke 'mencemooh orang'. Kali ini teman kami yang kita cemooh. Sebut saja Nuansa Bening.

Ecky: Gue tuh kalo liat Nuansa Bening mau gue katain deh! Kok dia bisa ya punya cowo?

Gue: Dia telanjang kali biar ditembak

Ecky: Ih, gue sih kalo jadi cowonya, begitu dia telanjang gue langsung bilang, "apaan sih? pake baju lo, ntar masuk angin!"

Gue: (mati ngakak)

Ecky: Lo alergi cewe jelek kan Sam?

Tentu saja yang dimaksut cewe jelek disini adalah Nuansa Bening.

Sammy: Kalo gue buka sweater, badan gue sekarang udah bentol-bentol

Itu artinya, Sammy alergi.

Maafkan kami, Nuansa Bening.

Karena hawa sangat panas, gue memutuskan untuk memakai bando. Gerah.

Sammy: Ngapain sih lu pake ginian? Kaya pecun! (sambil nyopot bando gue)

Gue: Iya gue kan emang mau kerja

Ecky: Tya aja cuma make sweater ga pake daleman Sam, itu dia udah siap mau kerja

Gue: Nah, itu tau

Dimata mereka, gue exhibitionist.

Singkat cerita, kita udah mau pulang. Semua udah masuk mobil, dan kita akan meninggalkan kota kembang ini. Didalam mobil, kita tetap melakukan pencemoohan. Bagi kita, mencemooh dan dicemooh itu hal yang biasa. Malah ini seperti kecanduan. Kali ini pencemoohan terhadap Aswin.

Ecky: Aswin udah kita bawain oleh-oleh kan? Pisang bakar yang tadi kita ga abis

Gue: Basi kali Ky

Ecky: Ah, kan buat Aswin ini

Gue: Oh iya!

Ecky: Aswin itu berantakan banget, apalagi pas ikut perang diponegoro. Ya.. Pas zaman Soekarno dia udah mendingan lah.. Dia perang udah make belati..

Kita memfitnah Aswin yang tidak-tidak supaya dia terkesan sangat sepuh.

Gue: Dia pernah diperkosa kaisar jepang kan Ky?

Ecky: Iya, dia ju gu nian fu

Sammy: Dia geisha

Gue: Geisha mah terhormat Sam

Ecky: Iya, dia itu ju gu nian fu

Gue dan Sammy: Apaan tuh Ky?

Ecky: Budak sex kaisar jepang

Gue: Aswin itu tuhan tau Ky

Ecky: Amit-amit

Gue: Iya umatnya binatang

Ecky: Oh iya, umatnya ulet bulu sama belatung

Gue: Eh gak deng, binatang juga milih-milih tuhan. Umatnya batu Ky

Ecky: Nah! Batu, aspal.. Iya-iya!

Win, maafin kita yah? Kamu kita omongin artinya kita sayang sama kamu.

Waktu berjalan begitu cepat.

Jakarta, we are back.

0 Comments:

Post a Comment